5 Tata Tertib di Singapura yang Harus Anda Tahu

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Singapura Anda harus mengetahui tata tertib yang ada di Singapura demi kenyamanan bersama.

Karena jika anda tidak memiliki pengetahuan tentang tata tertib ini, anda dapat dikenakan denda dan sanksi.
Berikut kami akan menginformasikan 5 tata tertib di Singapura yang harus anda tahu:

1. Bermesraan di tempat umum sudah biasa
Jika anda berada di Indonesia, umumnya tidak akan berani bermesraan dengan kekasih terutama di fasilitas umum ataupun tempat terbuka, kalaupun ada pasti akan dijadikan sebagai bahan tontonan dan mendapatkan olokan.

Namun tidak demikian ketika anda berada di Singapura, anda tidak perlu kaget apabila melihat ada sepasang kekasih yang sedang berciuman di tempat umum karena Singapura bukanlah Indonesia.

2. Rokok, durian, dan permen karet dilarang di Singapura
Anda harus mematuhi larangan untuk mengunyah permen karet sembarangan, peraturan tersebut dibuat ketika suatu saat pintu otomatis kereta menjadi macet karena tersangkut permen karet, sehingga tata tertib di Singapura tersebut diberlakukan demi keselamatan bersama.
larangan permen karet
Apabila anda sampai ketahuan mengunyah permen karet saat anda sedang berada di tempat umum, maka anda dapat di denda dengan nominal 1000 SGD.

Di Singapura ada juga dilarang untuk merokok di lokasi umum dan Anda juga harus melupakan untuk membawa oleh-oleh buah durian, bau durian yang menyengat itu dilarang untuk masuk ke dalam pesawat.

3. Menyeberangi jembatan penyeberangan atau di zebra cross
Untuk kepentingan keselamatan jiwa dan keuangan anda di Singapura, Anda harus mematuhi peraturan lalu lintas saat anda berada di jalan.
menyeberang di zebra cross
Jangan menyeberang sembarangan selain di zebra cross atau jembatan penyeberangan, karena anda dapat dikenakan denda. Kendaraan di sana cenderung akan melaju dengan kencang tidak seperti di Indonesia karena Indonesia memang terkenal macet.

Kendaraan disana tidak terbiasa patuh terhadap pelanggaran lalu lintas, khawatirnya ketika anda menyeberang sembarangan di Singapura anda akan celaka.

4. Makan di area counter yang bersangkutan ketika di foodcourt
Ketika ada di food court yang ada di Indonesia pasti, mungkin anda sudah terbiasa jika membeli makanan di counter A lalu duduknya di depan counter B.
makan di foodcourt
Namun di beberapa foodcourt yang ada di Singapura, tidak akan mau seperti itu. Anda juga jangan terburu untuk merasa tersinggung apabila anda tidak diperbolehkan duduk di area counter yang bukan counter makanan yang Anda beli.

Mereka berpikiran penjual telah menyediakan tempat duduk di depan counternya dan itu merupakan hak untuk para pelanggannya, apabila Anda duduk di counter pelanggan counter lain hal itu memang tidak benar.

5. Berdiri di sisi kiri ketika naik eskalator

Bagi kita orang Indonesia, jika anda mau ke minimarket yang jaraknya 500 m dari rumah gadang pasti akan menggunakan motor, namun berbeda halnya dengan di Singapura.
eskalator
Anda kemana mana harus berjalan kaki, di Indonesia eskalator fungsinya hanya untuk digunakan ketika kaki pegal-pegal. Di Singapura mereka menggunakan eskalator untuk dapat sampai ke lantai berikutnya dengan lebih cepat,

Sedikit aturan main tentang eskalator ini yaitu Anda diwajibkan untuk berdiri di sisi sebelah kiri, bagi anda orang Singapura yang memakai sisi kanan eskalator supaya bisa cepat mereka akan berjalan.

Turis asal Indonesia yang belum mengetahui aturan ini berdiri di sisi kanan pastinya akan menghalangi mereka yang akan lewat. Kadang orang yang berada di belakangnya akan sabar menanti dengan ekspresi datar sebelum anda diminta untuk minggir ke sebelah kiri eskalator.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai 5 Tata Tertib di Singapura yang Harus Anda Tahu, semoga dapat menambah wawasan anda ketika travelling ke Singapura. Sekian dan terima kasih.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *