Santorini, Pulau Paling Romantis di Negara Yunani

Negara Yunani tidak hanya memiliki bangunan bersejarah namun juga memiliki destinasi wisata yang memiliki suasana yang romantis.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Santorini yang merupakan pulau yang paling romantis yang berada di Negara Yunani.

Tentu anda yang gemar mengunjungi negara Yunani dapat mengajak pasangan atau keluarga untuk mampir ke Santorini. Baiklah berikut ulasan tentang Santorini, Pulau Paling Romantis di Negara Yunani.

Santorini ini sebenarnya adalah sebuah kelompok bundar pulau gunung berapi yang ada di laut Aegea yang lokasinya 200 meter dari daratan bumi, pulau tersebut merupakan kelompok dari kepulauan Cyclades yang memiliki luas wilayah sekitar 73 km2 dengan populasi manusia hanya 13.600 jiwa.

Pada tahun 2001 lalu Pulau Santorini ini dikenal dengan sektor pariwisata dan industri wine-nya. Santorini juga mempunyai beberapa situs bersejarah yang dulunya adalah salah satu pusat peradaban yang penting.
Pulau Santorini 1
Situs arkeologis menyatakan adanya kehadiran manusia di Pulau itu sejak masa neolitik. Pulau tersebut merupakan lokasi peradaban yang penting pada tahun 3600 sebelum masehi dan dulunya dikenal dengan nama asli yaitu bahasa Yunani yang berarti bundar.

Ketika Gunung Merapi meletus pada tahun 1510 masehi bagian tengah dari Santorini ini tenggelam dan beberapa gempa bumi yang terjadi setelah itu menyebabkan musnahnya sebagian besar dari pulau itu.

Akibat letusan Gunung Merapi tersebut Santorini ini memiliki tanah vulkanis yang subur dan dikenal dengan produk holtikultura serta hortikultura hanya dengan pemeliharaan buah anggur.

Dari 36 jenis anggur yang dibudidayakan di Santorini hanya 4 sampai 5 jenis saja yang dipakai dalam pembuatan wine. Varietas anggur yang paling banyak ditanam yaitu Atletico karena memang sesuai dengan tanah Santorini yang terdiri dari abu vulkanis lava dan juga batu apung.

Anggur yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan wine dari Yunani ini dikenal dengan sebutan vinsanto. Tempat ini ini juga merupakan salah satu daerah yang kegiatannya mengekspor kacang fava ke berbagai belahan dunia.

Umumnya kacang tersebut dipakai dalam pembuatan pasta salad saus ataupun risotto, berbagai varietas tomat juga pernah dibudidayakan di pulau tersebut.

Untuk mendapatkan tomat yang cocok dengan kondisi pulau yang kurang air, Santorini ini juga merupakan daerah penghasil keju yang terbuat dari susu kambing yang sudah dikeringkan dan dimatangkan menggunakan air asin, keju itu kemudian dijual dengan merk chloro.
Pulau Santorini 2
Tidak hanya dari segi tanaman saja, Santorini ini juga memiliki kerajinan tangan yang terdiri dari barang tembikar tenunan serta lukisan yang memiliki seni tradisional.

Pulau Santorini ini juga dikenal sebagai penjual souvenir dari batu apung dan mengekspornya ke luar negeri. Studi yang dilakukan sejak abad ke-19 sampai tahun 1956 menyatakan jika dulunya Pulau Santorini ini memproduksi berbagai macam produk pertanian seperti yang sudah kami ulas di atas dan juga mempunyai industri manufaktur serta tambang industri pariwisata.

Santorini baru mulai berkembang pada tahun 1935 sampai saat ini dan menjadi faktor utama perekonomian di Pulau Santorini.

Sektor pariwisata memberikan dampak buruk yaitu dengan menumpuknya sampah terutama sampah plastik hal tersebut juga dipengaruhi karena pemerintah Yunani yang belum mempunyai pusat pengolahan atau sistem daur ulang sampah plastik.

Bagi anda yang akan mengunjungi Pulau Santorini ini tolong jangan membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik yang memang susah untuk didaur ulang.

Selalu jaga kebersihan ketika anda mengunjungi destinasi wisata di mana pun itu.

Sekian ulasan yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Santorini, Pulau Paling Romantis di Negara Yunani. semoga dapat menambah wawasan Anda. Sekian dan terima kasih.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *