Tempat Wisata Edukatif di Bandung yang Super Murah

Bandung adalah destinasi akhir pekan favorit yang bukan sekedar menyajikan pemandangan pegunungan yang cantik, wisata kuliner yang kaya rasa dengan resto yang sangat cozy, atau wisata belanja dengan diskon besar-besaran saja.

Di Bandung juga banyak destinasi menarik yang edukatif untuk anak-anak. Jadi sambil belanja, jajan, dan menikmati pemandangan alam, kamu dan keluarga pun bisa mempelajari berbagai hal yang ada di tempat-tempat berikut ini:

Taman Kupu-kupu

Kalau kamu ingin mengajak anak-anak belajar tentang bagaimana kehidupan kupu-kupu, datanglah ke Taman Kupu-kupu yang ada di jalan Cihanjuang, sebuah jalan yang menguhubungkan Kota Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat.

Di taman ini, kamu dan  anak-anak bisa melihat bagaimana proses tumbuh kembang kupu-kupu, mulai dari saat hewan cantik itu masih berbentuk telur, ulat, kepompong, kupu-kupu muda, sampai menjadi kupu-kupu dewasa dengan sayap yang lebar. Selain itu, taman ini juga punya halaman yang menawan.

Ada juga kantin dengan aneka jajanan yang bisa mengenyangkan perut setelah menghabiskan waktu di area Taman Kupu-Kupu. Di sana pun dijajakan berbagai souvenir yang bisa kamu beli sebagai mainan untuk buah hati. Harga tiketnya pun sangat murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu per orang.

Museum Geologi

Seperti yang sudah tertera pada namanya, museum yang satu ini punya berbagai koleksi geologis seperti bebatuan, mineral, dan fosil dengan jumlah yang sangat lengkap. Makanya, museum ini sering dijadikan tujuan untuk menggelar study tour.

Dengan datang ke museum yang dibangun pada 16 Mei 1928 ini, anak-anak bisa lebih mengenal tentang nilai-nilai sejarah kehidupan dan lingkungan. Lokasi berdirinya museum ini juga sangat strategis, yaitu di jalan Diponegoro yang berdekatan dengan lapangan Gasibu dan Gedung Sate. Di depan museum ini pun ada pusat jajanan yang menjual kuliner-kuliner menarik.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo adalah salah satu pusat kesenian tradisional angklung yang merupakan alat musik khas tanah Sunda. Di saung ini, kamu bukan hanya disuguhkan pertunjukan musik yang menarik dari anak-anak didik Saung Angklung Udjo, tapi juga bisa ikut terlibat dalam pertunjukan tersebut.

Saat pertunjukan di mulai, penonton yang datang akan diberikan satu unit angkung dengan nada tertentu. Wisatawan yang datang ke sini bukan hanya dari luar kota saja lho, banyak juga bule yang datang ke sini untuk belajar kesenian tradisional Indonesia.

Menariknya, Saung Angklung Udjo juga sering mengirimkan anak didiknya untuk tampil di berbagai negara. Untuk bisa berwisata sambil belajar kesenian tradisional di Saung Angklung Udjo, kamu hanya perlu pergi ke jalan Padasuka.

Bandung Science Center

Kalau kamu ingin mengajak anak liburan sambil belajar tentang ilmu pengetahuan, bawalah anak kamu ke Bandung Science Center. Di tempat ini terdapat banyak berbagai wahana tentang bumi, fisika, robotik, kimia, astronomi, elektronika, geologi, ilusi optik, energi, fisiologi, sampai pertunjukan laser.

Namun supaya anak biasa lebih mudah memahami apa yang ada di dalam tempat ini, kamu pun harus rajin menjelaskan kepada mereka. Btw, dibalik pembangunan Bandung Science Center ini ada niat yang mulia, yaitu untuk membantu meningkatkan pendapatan dan kemakmuran masyarakat dengan memberikan pendidikan seluas-luasnya.

Selain bisa belajar tentang ilmu teknologi, kamu juga bisa mengajak anak bermain air di kolam Renang Karang Setra karena jaraknya cukup berdekatan.

Bandung Planning Galery

Tempat yang satu ini baru di buka untuk umum pada 1 Agustus 2017. Jadi tempatnya masih sangat fresh. Di Badnung Planning Galery, masyarakat bisa melihat potret masa depan Kota Bandung dalam bentuk visual.

Jadi, pengunjung bisa melihat langsung berbagai pembangunan yang sudah ada di masa lalu, masa sekarang, dan rencana pembangunan yang akan terjadi beberapa tahun ke depan. Mereka pun bisa turut serta memberikan masukan dan kritikan terkait rencana pembangunan.

Selain untuk mengedukasi masyarakat tentang tata kota, Bandung Planning Gallery ini juga didirikan untuk meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap Kota Bandung. mewujudkan konsep open government. Lokasinya sendiri masih berada di pusat kota, yaitu di Jalan Aceh.

Jadi kalau kamu mengajak anak-anak liburan ke Bandung, jangan cuma bawa mereka ke tempat-tempat perbelanjaan. Ajak juga anak-anak ke tempat yang punya nilai edukasi karena di Bandung punya banyak tempat yang menunjang hal itu.

Kalau kamu berasal dari daerah yang cukup jauh, kamu bisa datang ke Bandung dengan pesawat terbang karena bandara Husein Sastranegara menerima kedatangan pesawat dari banyak daerah. Jadi, lihat daftar harga tiket pesawat sekarang juga sebelum kehabisan.  Lalu jangan lupa, kunjungi situs Reservasi.com untuk mendapatkan promo hotel di Bandung dengan penawaran harga terbaik.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *